aini firdaus. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Apa yang Berharga dari Sebuah Perjalanan?



       Sebagian orang mungkin berpendapat bahwa hal yang berharga dari jalan-jalan adalah melihat tempat-tempat terkenal, berfoto di sana dan menunjukkan pada dunia bahwa “Aku sudah pernah ke sana, lho.” Sebagian yang lain mungkin berpendapat bahwa yang berharga adalah bisa pergi ke tempat baru, menikmati keindahan alam, membuat hati lapang dan sejenak melupakan rutinitas hidup yang seringkali membuat bosan dan otak serasa berhenti berpikir.
      Sepanjang perjalanan kemarin, sepuluh hari menyusuri kota kecil dan besar di Malaysia, Singapura dan Thailand, aku terus berpikir apa yang kucari. Aku tahu ini bukan perjalanan yang terlalu istimewa karena 3 negara itu bukan tempat yang jauh. Pasti banyak orang pernah ke sana. Tempat-tempat yang kukunjungi juga tidak terlalu istimewa. Kita tinggal nge-klik di google dan gambar tempat-tempat tersebut akan mudah kita temui bahkan dengan angle foto yang lebih ciamik. Lalu apa istimewanya?
      Ternyata yang sangat berharga -menurutku- adalah perjalanan itu sendiri. Apakah itu? Tidak lain adalah perasaan bahwa kita mengunjungi tempat yang tidak selalu kita datangi. Bertemu dengan orang-orang baru, mencoba jenis makanan baru dan lidah kita mengecap rasa yang tak biasa. Juga sensasi saat mencari transportasi menuju tempat yang akan kita datangi, kadang-kadang kesasar. Termasuk kehujanan, kepanasan, kehausan dan kelaparan → saat mencari tempat makan halal di negara yang mayoritas non muslim.
      Selain itu hal yang tak kurang berharga adalah seni menata hati. Ketika rencana tidak sesuai kenyataan. Saat tiba-tiba kita terpisah dari rombongan dan tak bisa saling berhubungan. Lalu Allah mendatangkan bantuan, entah melalui seseorang yang tiba-tiba menawarkan tumpangan. Atau entah bagaimana caranya tiba-tiba bisa ketemu rombongan kembali. Itulah mengapa Rasulullah bersabda bahwa salah satu cara mengetahui karakter sahabat kita adalah saat melakukan perjalanan bersama dia.
Hal-hal itulah, yang membuatku selalu rindu melakukannya. Sebuah perjalanan, membuka cakrawala pemikiran, melembutkan hati, menundukkan diri pada sang Pemilik langit dan bumi yang Maha Luas. Juga membuat lebih yakin bahwa dimanapun kita berada, pertolongan Allah selalu sangat-sangat dekat.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Syukur Alhamdulillah di tahun ini Saya mendapatkan Rezeki yg berlimpah sebab sudah hampir 9 Tahun Saya bekerja di (SINGAPORE) tdk pernah menikmati hasil jeripaya saya karna Hutang keluarga Sangatlah banyak namun Akhirnya, saya bisa terlepas dari masalah Hutang Baik di bank maupun sama Majikan saya di Tahun yg penuh berkah ini,
Dan sekarang saya bisa pulang ke Indonesia dgn membawakan Modal buat Keluarga supaya usaha kami bisa di lanjutkan lagi,dan tak lupa saya ucapkan Terimah kasih banyak kepada MBAH SURYO karna Beliaulah yg tlah memberikan bantuan kepada kami melalui bantuan Nomor Togel jadi sayapun berhasil menang di pemasangan Nomor di SINGAPORE dan menang banyak
Jadi,Bagi Teman yg ada di group ini yg mempunyai masalah silahkan minta bantuan Sama MBAH SURYO dgn cara tlp di Nomor ;082-342-997-888 percaya ataupun tdk itu tergantung sama anda Namun inilah kisa nyata saya

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Cari Blog Ini